Saturday, January 29, 2011

Chinook Down


Suatu episode penting dalam Operasi Anaconda adalah penyergapan Takur Ghar. Misi ini pada awalnya adanya penyergapan sisa-sisa pasukan Taliban dan Al-Qaeda. Misi ini melibatkan pasukan paling elite di dunia NAVY SEAL dan SPECIAL TACTICS TEAM (pasukan yang mengarahkan pesawat tempur dan pengebom untuk menyerang posisi tertentu). Rangkaian selanjutnya dalam misi ini berubah menjadi misi penyelamatan  atau lebih tepatnya membawa jenazah seorang prajurut SEAL yang jatuh dari Helikopter pada saat mencoba mendarat.  Operasi penyelamatan menegaskan komitmen LEAVE NO MEN BEHIND.

Operasi penyelamatan ini dimulai pada saat  helicopter dari MH-47E Chinook mencoba untuk mendarat di sebuah lereng gunung Shah-i-Kot, disebuah gunung yang oleh pihak AS disebut “Ginger”. Tugas mereka adalah memantau dan mengintai dari puncak gunung itu.  Kenyataan menunjukan lain lereng gunung yang diperkirakan kosong terjadi menjadi petaka dimana pada saat helicopter tersebut mencoba mendarat mereka dihujani rentetan tembakan dari senapan serbu AK-47 dan RPG (Rocket Propeler Jet) dari berbagai sudut. Helikopter tersebut limbung tetapi sang pilot yang berasal dari kesatuan NIGHT STALKERS yang merupakan Kesatuan Operasi Khusus  Ke-160 Unit AD.

Pada saat genting tersebut Petty Officer First Class (setingkat sersan mayor)  Neil C. Roberts  merupakan prajurit SEAL terlembar dari ramp belakang, kondisi Chinook yang sudah babak belur tidak memungkinkan mereka untuk kembali. Beberapa saat kemudian Chinook kedua berusahan untuk mendarat untuk menyelamatkan Roberts, tetapi kondisi belum memungkinkan masih banyak tembakan memaksa helicopter tersebut meninggal area secepatnya. Helikopter ketiga mengambil resiko untuk mendarat dan dihujani rentetan tembakan dan RPG, didalam helicopter tersebut terdapat Pasukan Ranger dan anggota SPECIAL TACTICS TEAM Sergeant Keary Miller yang merupakan anggota Combat Search and Rescue Team Leader from the 123d Special Tactics Squadron, Kentucky Air National Guard tertembak  dan beberapa saat kemudia crew penembak  dari helicopter Chinook tertembak pula.

Secara keseluruhan tujuh dari pasukan Ranger tewas termasuk satu anggota SEAL, yang berusaha membentuk pertahanan setelah terlempar dari helicopter dan terkepung oleh pasukan Taliban dan Al-Qaeda. Bagian Operasi Anaconda merupakan salah satu kegagalan pasukan elit AS, bahkan mereka habis-habisan digebuki dan membangkitkan kembali mimpi buruk dimana Team Delta habis-habisan dihajar oleh milisi Mohammed Farah Aideed. 

No comments:

Post a Comment