Saturday, January 22, 2011

The Next Widebodies Generation


Generasi terbaru dari pesawat berbadan lebar (widebodies) adalah 787 dan A350, direncanakan mulai mengangkasa  di tahun 2010 sampai dengan 2013. Seperti halnya pesawat keluaran baru B787 dan A350 diluncurkan dan dipesan berbasis biaya operasi yang rendah dibanding produk sebelumnya. Beberapa keunggulan yang telah diterapkan seperti penyederhaan instrument pada ruang kemudi (flight deck), disamping itu ada dua kategori lagi yang berperan dalam penurunan biaya operasi seperti pengurangan konsumsi bahan bakar dan biaya perawatan.

Dengan dua varian dari B787-8 dan B787-9  berkapasitas tempat duduk 240 – 280, B787 dapat berfungsi  menggantikan B767-300 dan A340-200/300. Secara keseluruhan B787 dirancang dengan “cost per available seat-mile yang sama dengan tipe yang lebih besar sehingga secara ekonomi lebih menguntungkan karena mampu menempuh jarak yang sama.
B787 menggunakan teknologi canggih dalam pengembanganya sehingga dapat mengurangi pemakaian bahan bakar dan biaya perawatan, seperti penggunaan struktur carbon fibre yang dapat mengurangi biaya perawatan. Keuntungan yang diperoleh dengan penggunaan struktur carbon fibre membuat B787 lebih ringan dibanding 767, mengurangi terjadi korosi dan kelelahan metal pada struktur pesawat seperti halnya pada penggunaan  alumunium alloy.


A350 dikembangkan dengan tiga variant seat capacities antara 275 – 350 tempat duduk, dan diharapkan menggantikan A330/340 family dan 777 family pada kapasitas yang lebih besar.  Seperti hal B787, A350 dirancang untuk mengurangi pemakaian bahan bakar dan beberapa element dari biaya perawatan.  Airbus Industri menggunakan campuran serat karbon dan plastic. Pada A350 komposis serat karbon dan plastic sebanyak 53% titanium sebanyak 14% dan sisanya terdiri dari aluminum dan lithium alloy. Dengan penggunaan serat karbon dan plastic kerusakan yang disebabkan karena adanya korosi dan kelelahan metal dapat dikurangi bahkan ditiadakan. Disamping itu penggunaan campuran serat karbon dan plastic dapat mengurangi bobot pesawat sehingga dapat mengangkut fuel dalam jumlah yang besar berdampak pada daya jelajah menjadi lebih jauh dan secara perhitunngan ekonomi menjadi lebih ekonomis dibanding dengan penggunaan pesawat sejenis yang masih menggunakan aluminium alloy sebagai bahan pembuat pesawat.

Persaingan antara Airbus dan Boeing untuk jenis pesawat tersebut masih berlanjut, untuk saat ini pemesanan B787 telah mencapai 667 unit sedangkan A350 baru mencapai angka 182.



No comments:

Post a Comment